DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MUHAMMAD IKHWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

Muhammad Ikhwan, NIM A1D115224, 2019 Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Said Abdillah, M.Pd (II) Dr. Mashud, M.Pd. 

 

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kusan Hulu semester ganjil tahun ajaran 2018-2019.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey pada peserta didik sekolah menengah atas 1 Kusan Hulu dan dianalisis dengan analisis faktor.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Kusan Hulu, tahun ajaran 2018-2019, yang berjumlah 246 peserta didik dan yang menjadi sampel adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 79 peserta didik.

Hasil penelitian diperoleh faktor yang terbentuk mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebanyak 6 faktor dengan beberapa variabel, diantaranya motivasi, emosi, pendekatan belajar, lingkungan masyarakata, bakat dan fisiologi. Variabel-variabel tersebut mampu mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Kusan Hulu sebesar 67,89% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 32,11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kesimpulan penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Kusan Hulu dipengaruhi oleh 6 faktor terbentuk dengan beberapa variabel seperti motivasi, emosi, pendekatan belajar, lingkungan masyarakat, bakat dan fisiologi. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi hasil belajar sebanyak  67,89%, sedangkan sisanya 32,11% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Analisis, Faktor-faktor, HasilBelajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI