DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI
PENGARANG:NOOR DWI RILLIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


 

ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan merupakan inovasi baru dalam penelitian pendidikan. Penelitian desain pendidikan merupakan suatu kajian sistematis tentang merancang, mengembangkan dan mengevaluasi intervensi pendidikan sebagai solusi memecahkan masalah yang kompleks dalam praktik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one; dan 3) small group. Struktur LKPD yang dikembangkan mengacu pada Daryanto & Dwicahyono dan keterampilan berpikir kritis mengacu pada Facione. Subjek validasi adalah 2 orang akademisi dan 1 guru biologi, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Banjarmasin dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Negeri 9 Banjarmasin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan ahli memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi memiliki kategori baik dan kepraktisan harapan LKPD berdasarkan respon peserta didik memiliki kategori sangat baik; dan 3) keefektifan LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi, evaluasi, inferensi, dan  pengaturan diri, serta memiliki kategori baik pada keterampilan analisis dan eksplanasi.

 

Kata kunci: Pengembangan LKPD, berpikir kritis, sistem koordinasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI