DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOGRAFI MATERI DINAMIKA PENDUDUK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI LINA PURNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


INTISARI

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi peserta didik pada submateri dinamika kependudukan di kelas XI IPS SMAN 13 Banjarmasin. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Instrumen yang digunakan berupa testpilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS dengan sampel kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik test dan observasi. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah geografi kelas eksperimen yang diterapkan model problem based learninglebih tinggi dengan skor 5,33 dibandingkan dengan kelas kontrol yang diterapkan metode 5 M K-13 dengan skor 0,77. Hasil perhitungan analisis uji tmenunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel yaitu  7,755 ≥ 2,080 dan diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p>0,05) yaitu 0,000. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwamodel pembelajaran problem based learning berpengaruhsignifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi SMAN 13 Banjarmasin.

 

Kata Kunci: problem based learnig, kemampuan pemecahan masalah geografi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI