DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD HUMAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


Telah dilakukan penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajardalam pembelajaran IPA di SMPN 15 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD, (2)Mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe STAD pembentukan karakter Rasa Ingin Tahu, siswa (3)Menguji ada tidaknya hubungan karakter Rasa Ingin Tahu siswa terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Jenis desain dalam penelitian ini adalah Equivalent time series. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 15 Banjarmasin yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, hubungan karakter Rasa Ingin Tahu siswa dengan hasil belajar siswa menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model STAD berpengaruh terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu siswa karena kategori karakter siswa awalnya mulai terlihat menjadi mulai berkembang dan sudah berkembang, (2) Penerapan model STAD dapat memperbaiki hasil belajar siswa karena nilai rata-rata siswa meningkat dari 81,74 menjadi 86,52 yang berkategori baik, (3) terdapat hubungan antara karakter rasa ingin tahu siswa dengan hasil belajar siswa karena nilai uji korelasi yang di peroleh sebesar 0,449 yang berkategori cukup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI