DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:WAHIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-27


Rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik dikarenakan kurang tersedianya perangkat pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat model pengajaran langsung dengan strategi motivasi ARCS dan metode pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, di mana desain penelitian menggunakan model ADDIE dan diujicobakan pada 31 peserta didik kelas X-PMIA 2 di SMAN 3 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk valid karena RPP, LKPD, THB, dan materi ajar berkategori valid, 2) perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk praktis karena fase-fase pengajaran langsung dapat terlaksana dengan baik, dan 3) perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk efektif karena motivasi belajar dengan kategori sangat baik dan N-gain hasil belajar sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini ialah perangkat model pengajaran langsung dengan strategi motivasi ARCS dan metode pemecahan masalah adalah layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI