DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:ANGGUN ULIL IZZATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-27


Perangkat pembelajaran di sekolah belum dirancang untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat model pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Desain penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang diujicobakan pada 31 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 5 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes pemecahan masalah. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, rata-rata, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pengajaran langsung termasuk valid karena RPP, materi ajar, LKPD, dan THB dalam kategori sangat valid, (2) perangkat pengajaran langsung termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan sangat baik, (3) perangkat pengajaran langsung termasuk efektif karena nilai N-Gain pemecahan masalah sebesar 0,82; berarti peningkatannya dalam kategori tinggi. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk layak untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI