DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017
PENGARANG:MEILISTA SULISTIA NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-27


Ningrum (2019). Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, dan Price Earning Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Pembimbing : Nor Hikmah.

Penelitian ini dilakukan untuk (1)  menguji dan membuktikan signifikansi pengaruh Return On Asset terhadap return saham (2)  menguji dan membuktikan signifikansi pengaruh Debt To Equity Ratio terhadap return saham  (3) menguji dan membuktikan signifikansi pengaruh Current Ratio terhadap return saham (4) menguji dan membuktikan signifikansi pengaruh Price Earning Ratio terhadap return saham.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Cara pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 70 perusahaan dari 159 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Data observasi sebanyak 280 sampel (70 perusahaan x 4 tahun penelitian). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, dan Price Earning Ratio sebagai variabel independen, serta return saham sebagai variabel dependen. Teknik analisis data menggunakan program Statistical Package for the Social Science  (SPSS) Versi 23 dengan melakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on asset dan debt to equity ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini menjukkan tinggi rendahnya nilai return on asset dan debt to equity ratio tidak menjadi penyebab perubahan terhadap return saham. Temuan lain dalam penelitian ini menujukkan bahwa current ratio dan price earning ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya CR dan PER mempengaruhi tinggi rendahnya return saham.

Kata Kunci :   Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, Price Earning Ratio, Return Saham

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI