DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI PENGUASAAN KONSEP DAN KEBERLANJUTAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL | |
PENGARANG | : | M. ANWAR MUBARAQ | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-27 |
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas VII F di SMPN 23 kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menerapkan metode pra-eksperimental dengan one group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah kelas VII F. Pada penelitian ini memuat 2 variabel model learning cycle 5E sebagai variabel bebas, serta penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain dan analisis deskriptif. Uji N-gain digunakan untuk menganalisis penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep peserta didik pada materi pemanasan global Setelah diterapkannya model pembelajaran Learning cycle 5E meningkat sebesar N-Gain = 0,3876 dengan kategori sedang. (2) keberlanjutan konsep peserta didik pada materi pemanasan global Setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 5E dalam proses pembelajaran diketahui sebanyak 23 peserta didik memiliki keberlanjutan konsep dan 7 peserta didik tidak memiliki keberlanjutan konsep.
Kata Kunci : Learning cycle 5E, penguasaan konsep, keberlanjutan, pemanasan global
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI