DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI PENGUASAAN KONSEP DAN KEBERLANJUTAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
PENGARANG:M. ANWAR MUBARAQ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-27


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas VII F di SMPN 23 kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menerapkan metode pra-eksperimental dengan one group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah kelas VII F. Pada penelitian ini memuat 2 variabel model learning cycle 5E sebagai variabel bebas, serta penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan  uji N-gain dan analisis deskriptif. Uji N-gain digunakan untuk menganalisis penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep peserta didik pada materi pemanasan global Setelah diterapkannya model pembelajaran Learning cycle 5E meningkat sebesar N-Gain =  0,3876 dengan kategori sedang. (2) keberlanjutan konsep peserta didik pada materi pemanasan global Setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 5E dalam proses pembelajaran diketahui sebanyak 23 peserta didik memiliki  keberlanjutan konsep dan 7 peserta didik tidak memiliki keberlanjutan konsep.

Kata Kunci : Learning cycle 5E, penguasaan konsep, keberlanjutan, pemanasan global

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI