DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERKONTEKS LAHAN BASAH TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY, SPARKOL, & KAHOOT!
PENGARANG:MUHAMMAD FAKHRI NAWIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-27


Pengembangan bahan ajar yang bersifat kontekstual, menarik, dan futuristik merupakan jawaban atas permasalahan sulitnya peserta didik dalam memahami ilmu kimia. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D menggunakan model Plomp & Nieveen dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 6 Banjarmasin. Produk yang dikembangkan berupa modul kimia berkonteks lahan basah yang diintegrasikan dengan augmented reality, sparkol, dan kahoot!. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli dengan rerata sebesar 90%(sangat valid), uji keterbacaan perorangan dan kelompok dengan skor berturut-turut sebesar 3,9(sangat baik) dan 4,24(sangat baik); praktis berdasarkan respon peserta didik dan guru dengan skor berturut-turut sebesar 42,68(sangat baik) dan 4,7(sangat baik); efektif berdasarkan hasil uji coba terbatas terlihat dari rata-rata skor n-gain yaitu 0,79(tinggi) dan berdasarkan minat peserta didik dengan rata-rata sebesar 4,05(baik). Secara keseluruhan modul yang dikembangkan mampu menarik minat peserta didik, meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dan sebagai suatu bentuk pembaharuan dalam pembelajaran kimia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI