DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERKONTEKS LAHAN BASAH TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY, SPARKOL, & KAHOOT! | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD FAKHRI NAWIDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-27 |
Pengembangan bahan ajar yang bersifat kontekstual, menarik, dan futuristik merupakan jawaban atas permasalahan sulitnya peserta didik dalam memahami ilmu kimia. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D menggunakan model Plomp & Nieveen dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 6 Banjarmasin. Produk yang dikembangkan berupa modul kimia berkonteks lahan basah yang diintegrasikan dengan augmented reality, sparkol, dan kahoot!. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli dengan rerata sebesar 90%(sangat valid), uji keterbacaan perorangan dan kelompok dengan skor berturut-turut sebesar 3,9(sangat baik) dan 4,24(sangat baik); praktis berdasarkan respon peserta didik dan guru dengan skor berturut-turut sebesar 42,68(sangat baik) dan 4,7(sangat baik); efektif berdasarkan hasil uji coba terbatas terlihat dari rata-rata skor n-gain yaitu 0,79(tinggi) dan berdasarkan minat peserta didik dengan rata-rata sebesar 4,05(baik). Secara keseluruhan modul yang dikembangkan mampu menarik minat peserta didik, meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dan sebagai suatu bentuk pembaharuan dalam pembelajaran kimia.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI