DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELAS TERHADAP ANAK AUTIS DI KELAS 3 SDLB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:INDAH PURNAMA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-28


Abstrak: Anak autis memiliki hambatan perkembangan mencakup bahasa, interaksi sosial dan perilaku. Guru kelas memerlukan strategi pembelajaran agar anak autis dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, implementasi dan faktor yang mempengaruhi strategi guru kelas terhadap anak autis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru kelas dilihat dari kegiatan membuka sampai menutup pembelajaran dengan memperhatikan aspek perkembangan (bahasa, interaksi sosial, perilaku) dan aspek akademik (membaca, menulis, berhitung). Implementasi strategi pembelajaran dikombinasikan dengan intervensi perubahan perilaku Discrete Trial Training (DTT). Faktor yang mempengaruhi strategi guru kelas terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran guru kelas terhadap anak autis di kelas 3 SDLB YPLB Banjarmasin dipadukan dengan Discrete Trial Training (DTT).

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Guru, Anak Autis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI