DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) PADA MATERI GERAK HARMONIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA
PENGARANG:NURUL HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-28


Hasil belajar dan keterampilan sosial siswa yang rendah karena kurang tersedianya perangkat pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa pada materi gerak harmonis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengunakan desain model ADDIE. Subjek uji coba adalah 21 siswa kelas X-MIA 2 di SMAN 2 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrument validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP dan keterampilan sosial, serta THB. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran kooperatif tipe LT termasuk valid; karena RPP, materi ajar, LKPD dan THB yang dikembangkan dalam kategori valid; (2) perangkat pembelajaran kooperatif tipe LT termasuk praktis; karena guru mampu melaksanakan komponen RPP dengan kategori sangat baik; dan (3) perangkat pembelajaran kooperatif tipe LT termasuk efektif; karena keterampilan sosial siswa dalam kategori terampil dan N-gain hasil belajar sebesar 0,82; berarti peningkatannya dalam kategori tinggi. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe LT  layak untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI