DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING YANG MEMANFAATKAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MUNIRA AIDHEA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Project Based Learning yang memanfaatkan lingkungan lahan basah sebagai mediapembelajaran pada materi sistem koloid terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 5 Banjarmasin. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan modelProject Based Learning yang memanfaatkan lingkungan lahan basah sebagai mediapembelajaran dan kelas kontrol menggunakan model STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan literasi sains dan hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 6,587 > 1,998, (2) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 2,913> 1,998, (3) terdapat perbedaan hasil observasi sikap dan keterampilan pada kelas eksperimen dan kontrol.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI