DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN THREE CORNER DRILL TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN FUTSAL SMK NEGERI 1 BARABAI
PENGARANG:MUHAMMAD FADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


ABSTRAK

MUHAMMAD FADILLAH. NIM. A1D1 14260. “Pengaruh Latihan Three Corner Drill Tehadap Kelincahan Pemain Futsal SMK Negeri 1 Barabai”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. M. Kusaini, M.Pd. (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada pengaruh latihan Three Corner Drill terhadap kelincahan pemain futsal SMK Negeri 1 Barabai.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (pre-experimental design) dengan instrumen tes Illinois Agility Run Test. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest dalam satu kelompok.

Populasi dalam penelitian ini adalah pemain futsal SMK Negeri 1 Barabai sebanyak 12 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 12 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniksampel jenuh.

Berdasarkan data yang terkumpul selama penelitian adalah data tes awal dan tes akhir. Hasil dari data tes awal kelincahan yang dilakukan pemain futsal SMK Negeri 1 Barabai, dengan waktu tertinggi 19,85 detik, waktu terendah 16,80 detik, dan dengan rata-rata waktu tes awal yaitu 18,33 detik. Sedangkan pada tes akhir kelincahan yang dilakukan pemain futsal SMK Negeri 1 Barabai, dengan waktu tertinggi 18,62 detik, waktu terendah 15,49 detik, dan dengan rata-rata waktu tes akhir yaitu 17,01 detik.

Kesimpulan hasil penelitian: Ada pengaruh latihan Three Corner Drill terhadap kelincahan pemain futsal SMK Negeri 1 Barabai.

 

Kata Kunci: Three Corner Drill dan Kelincahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI