DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN Pandanus odorifer DI KAWASAN HUTAN PANTAI TABANIO SEBAGAI BAHAN AJAR BERBENTUK BUKU ILMIAH
PENGARANG:ANISA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN Pandanu odorifer DI KAWASAN HUTAN PANTAI TABANIO SEBAGAI BAHAN AJAR BERBENTUK BUKU ILMIAH (Oleh: Anisa Rahmah; Pembimbing: Dr. Dharmono, M.Si, Drs. H. Hardiansyah, M.Si, 2019 )

ABSTRAK

 

Etnobotani merupakan ilmu botani mengenai pemanfaatan tumbuhan dalam keperluan sehari-hari dan adat suku bangsa di masyarakat. Pandanus odorifer merupakan salah satu tumbuhan yang terdapat di Kawasan Hutan Pantai Tabanio Kabupaten Tanah Laut berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar. Oleh karena potensi tumbuhan Pandanus odorifer sebagai sumber belajar maka dibuat bahan ajar berupa buku ilmiahtentang kajian etnobotani tumbuhanPandanus odorifer hutan pantai Tabanio. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Etnobotani Tumbuhan Pandanus odorifer di Kawasan Hutan Pantai Tabanio Kabupaten Tanah Laut. 2) Mendeskripsikan validitas buku ilmiah yang dikembangkan tentang Etnobotani TumbuhanPandanus odoriferdi Kawasan Hutan Pantai Tabanio. Penelitian ini menggunakan 2 jenis penelitian, yaitu penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kajian etnobotani Pandanus odorifer dan penelitian pengembangan untukmengembangkan bahan ajar buku ilmiah. Hasil analisis data keenam kajian etnobotani menunjukkan bahwaPandanus odorifepadakawasan Hutan Pantai Tabanio di dapatkan kajian botani tumbuhanmemiliki ciri-ciri habitus Perdupohon, bunga tongkol majemuk, buah majemuk sistem perakaran tunjang. Pada kajian etnofarmakologi didapatkan bahwaPandanus odorifer dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang,panas dalam,sesak napas, gula darah, rematik. Kajian etnoekologi pada tumbuhanPandanus odorifer di Tabanio berdasarkan parameter lingkungan sudah optimal untuk perkembangan Pandanus odorifer dan masyarakat memanfaatkan sebagai penahan erosi. Pada kajian etnoekonomiPandanus odoriferdimanfaatkan sebagai kerajinan membuat anyaman. Pada kajian etnolinguistikPandanus odoriferdi Desa Tabanio pemberian nama tersebut berasal dari kata panda an yang artinya sandaran.Buku ilmiahyang dikembangkan berjudul Kajian Etnobotani TumbuhanPandanus odorifer  Hutan Pantai Tabanio dinyatakan oleh dua validator bernilai sangat valid dan untuk uji keterbacaan mendapatkan kategori sangat baik.

 

Kata kunci : Etnobotani, Pandanus odorifer, Buku Ilmiah, Validitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI