DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEANEKARAGAMAN ANURA DI DESA SUNGAI SALAI KECAMATAN CANDI LARAS UTARA KABUPATEN TAPIN SEBAGAI BOOKLET PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BIOLOGI SMA
PENGARANG:FARAH ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


KEANEKARAGAMAN ANURA DI DESA SUNGAI SALAI KECAMATAN CANDI LARAS UTARA KABUPATEN TAPIN SEBAGAI BOOKLET PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BIOLOGI SMA (Oleh: Farah Annisa; Pembimbing: Mahrudin dan Maulana Khalid Riefani 2019)

ABSTRAK

Anura berarti ‘ketiadaan ekor’, yang menyiratkan bahwa spesies yang termasuk kelas ini tidak memiliki ekor. Anura biasanya hidup disekitaran lahan basah dan dapat dijadikan sumber belajar untuk dijadikan booklet. Penelitian bertujuan bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman Anura dan menghasilkan produk berupa booklet yang valid sebagai bahan pengayaan materi keanekaragaman hayati Biologi SMA. Penelitian dilakukan di Desa Sungai Salai Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin pada kawasan persawahan dan pemukiman. Metode yang digunakan merupakan metode garis transek kemudian dilanjutkan dengan metode deskriptif. Hasil materi kemudian dikembangkan dengan model pengembangan Borg and Gall menghasilkan produk berupa booklet. Pada penelitian ditemukan 10 jenis Anura dari famili Bufonidae dan Ranidae. Keanekaragaman Anura di kawasan persawahan sedang (H'=1,8) dan pemukiman sedang (H'=1,46). Validitas booklet sangat valid. Hasil uji kriteria sangat baik.

 

Kata kunci : Keanekaragaman, Anura, Sungai Salai, Booklet, Materi Pengayaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI