DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA HOLLOW LETTER BOARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY DI SDLB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:RAIHANA RIZKA RAMADHANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


ABSTRAK

 

Raihana Rizka Ramadhanti, A1F115028, 2019. Efektivitas Penggunaan Media Hollow Letter Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak    Cerebral Palsy Di SDLB YPLB Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1             Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan        Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.     Pembimbing I: Dr. Imam Yuwono, M.Pd dan Pembimbing II: Monry             Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd

 

Kata Kunci: Media Hollow Letter Board, Kemampuan Menulis Permulaan, Anak Cerebral Palsy

 

            Masalah yang ditemui di lapangan, anak cerebral palsy di kelas IIID SDLB YPLB Banjarmasin mengalami hambatan atau ketidakmampuan dalam menulis permulaan. Anak mengalami kesulitan saat menulis permulaan dengan cara menirukan. Peneliti melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan media hollow letter board untuk meningkatan kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy kelas IIID SDLB YPLB Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen dengan time series. Subjek penelitian adalah satu orang anak cerebral palsy yang duduk di kelas IIID sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan tabel dan grafik. Kriteria ketercapaian yang telah ditetapkan yaitu setidaknya mendapatkan kriteria cukup mampu dnegna nilai 51-75%. Penelitian dilakukan dengan pemberian tes berupa soal untuk mengukur kemampuan awal (pretest) sebanyak 4 kali, Kemudian diberikan perlakuan (treatment),  dan pemberian tes akhir (posttest) sebanyak 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media hollow letter board dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy. dilihat dari tes akhir (posttest) yang telah mencapai kriteria ketuntasan. Pada pretest A Z hanya mendapat nilai 33,33%% mengalami peningkatan menjadi 65,55% pada saat posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti sarankan pembelajaran menulis permulaan untuk anak cerebral palsy dapat menggunakan media hollow letter board.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI