DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KHUSUS FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:RENGGANES LYSHA SHALEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-29


Rengganes Lysha Shaleha. 2019. Pengaruh Remedial Teaching Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I H. Wahyu, Pembimbing II Hayatun Thaibah.

Kata Kunci: Anak Tunarungu, Remedial Teaching, Prestasi Belajar

Mahasiswa tunarungu pada Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, yang mengalami kesulitan dalam konteks pembelajaran dalam perkuliahan maka diberikannya program remedial teaching yang berupa pengulangan pembelajaran pada mahasiswa berkebutuhan khusus terutama tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remedial teaching terhadap prestasi belajar pada mahasiswa berkebutuhan khusus Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Design yang digunakan adalah time series design. Penelitian ini ada 2 (dua) subjek penelitian yaitu mahasiswa tunarungu di Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan pada nilai rata-rata pretest dan posttest kedua subjek, yaitu pada subjek pertama pretest 32.5 dan posttest 70 sedangkan subjek kedua pretest 30 dan posttest 77.5.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan adanya penerapan remedial teaching berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mahasiswa berkebutuhan khusus di Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI