DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015-2016 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:M. SAIDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-30


ABSTRAK

M.Saidillah, 2019Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015-2016 Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (di bawah bimbingan Dr. Supriyantosebagai Pembimbing I dan Mahmudah Hasanah,M.Pd sebagai Pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha,(2)pengaruhpengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh pemanfaatan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha.

Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, sampel penelitian menggunakan Proportionate stratified random samplingdan penentuaan jumlah sample menggunakan table Isaac dan Michael, adapun jumlah sample penelitiaan 105mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015-2016 yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi berganda dengan tingkat signifikansi sebesarn 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:(1). variabel pemanfaatan media sosial dengan kategori tinggi ada 24 (22,9%) mahasiswa, sedang 79 (75,2%), rendah 2 (1,9%). (2). variable pengetahuan kewirausahaan dengan kategori tinggi ada 11 (10,5%) mahasiswa, sedang 57 (54,3%), rendah 37 (35,2%). (3). variable minat berwirausaha dengan kategori tinggi ada 18 (17,1%) mahasiswa, sedang 73 (69,5%), rendah 14 (13,33%).(4). Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di tunjukan dengan  (6,721 > 1,983) artinya ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaaatan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. (5). Pengetahuaan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ditunjukan dengan (5,840 > 1,983) artinya ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuaan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. (6). Media sosial dan pengetahuaan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama atau simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa yang ditunjukan dengan nilai F hitung > F tabel = 97,948>3,090 dan nilai sig. 0,00<0,05, maka dapat disimpulkan Pemanfaatan media sosial (X1) dan pengetahuaan kewirausahaan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha.

Kata Kunci : Media sosial, Pengetahuaan kewirausahaan, Minat berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI