DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PELATIH EKSTRAKURIKULER KLUB OLAHRAGA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:RISA ZUARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


ABSTRAK

 

RISA ZUARDI, 2016. Studi kualitatif, evaluasi pelatih ektrakurikuler klub olahraga. Tesis, Program Studi Keguruan Olahraga (S2), Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Tri Irianto, M.Kes. Pembimbing Pendamping: Dr. Sunarno Basuki, Drs. M.Kes 

 

Kata Kunci: Kualitatif, Evaluasi, Pelatih, Klub Olahraga Sekolah Dasar

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah tahap tahap persiapan, implentasi, hambatan dan hasil akhir dari latihan yang telah dilaksanakan oleh pelatih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. 

Subyek pada penelitian evaluasi ini adalah pelatih ektrakurikuler klub olahraga Sekolah Dasar yang terdaftar pada surat keputusan pembentukan klub olahraga oleh kepala dinas pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pelatih tidak memahami konsep dasar ilmu kepelatihan, serta tidak memahami tentang konsep dasar tumbuh kembang anak di usia sekolah dasar.

Kesimpulannya, Pelatih tidak melaksanakan kegiatan persiapan dengan baik, dengan tahap persiapan yang tidak dipersiapkan dengan baik, maka pelatihan berjalan tanpa ada arah dan tujuan yang jelas. Terlebih lagi, anak latih akan mengalami trauma karena pelatihan yang dijalankan pelatih tidak memperhatikan aspek tumbuh kembang anak selain itu, keterbatasan saran dan prasarana penunjang menjadi penghambat utama dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan. Sehingga, selama 3 tahun terakhir (2014 - 2016) anak latih klub olahraga di Kabupaten Hulu Sungai Utara minim prestasi, dimana hanya bisa mendapatkan 2 medali, yaitu 1 medali perak dari cabang voli mini pada tahun 2014 dan 1 medali perunggu dari cabang senam ditahun yang sama. Selajutnya pada tahun 2016 anak latih klub olahraga Sekolah Dasar Kabupaten Hulu Sungai Utara hanya mampu berada diperingkat 4 pada cabang olahraga catur putra, peringkat 4 pada cabang olahraga renang putra, peringkat 6 tenis meja putra dan peringkat 5 pencak silat putra.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI