DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN LARI INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN VO2 MAKS PADA PEMAIN FUTSAL MAN SELAT TENGAH KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:AHMAD NOHRIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


ABSTRAK

AHMAD NOHRIZAL. 2016. Pengaruh latihan lari interval  terhadap peningkatan VO2 Maks  pada pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas. Tesis, Program Studi Keguruan Olahraga (S2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd., Pembimbing Pendamping: Dr. AR. Shadiqin, M.Kes.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Latihan, Lari, Interval , VO2 Maks.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan lari interval  terhadap peningkatan VO2 Maks  pada pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas, yang mengikuti ekstrakurikuler futsal yang berjumlah  30 orang, sedangkan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pretest peningkatan VO2 Maks  pada pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas diperoleh rata-rata = 13,1250 ml/kg/min dengan standar deviasi = 5,86550. Sedangkan pada variabel posttest peningkatan VO2 Maks  pada pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas diperoleh rata-rata = 44,6100 dengan standar deviasi = 5,49937. Hasil Uji t  diperoleh diperoleh thitung =  - 8,739 > ttabel(23; 0,025)= 2,093, atau dengan Sig.(2-tailed) = 0,000; ternyata Sig.(2-tailed) < 0,05 dengan demikian thitung tersebut signifikan. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh latihan lari interval terhadap terhadap peningkatan VO2 Maks  pada pemain futsal MAN Selat Tengah Kabupaten Kapuas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI