DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN GURU PJOK SEKOLAH DASAR BERSERTIFIKAT DAN YANG TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN
PENGARANG:NILA YUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


ABSTRAK

NILA YUSTINA. 2016. Kemampuan Guru Pjok Sekolah Dasar Bersertifikat 

Dan Yang Tidak Bersertifikat Pendidik Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran. Tesis, Program Studi Keguruan Olahraga (S2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Tri Irianto.,M.Kes ,  Pembimbing Pendamping: Dr. AR. Shadiqin, M.Kes.

 

Kata Kunci : Kemampuan, guru bersertifikat dan tidak, RPP

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PJOK Kecamatan Bunuang dan Hatungun dalam menyusun persiapan pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang lebih fokus kepada kemampuan guru yang akan  diamati berupa persiapan yang dilakukan dan dibuat oleh guru. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh guru PJOK Kecamatan Binuang dan Hatungun sebagai subyek penelitian yang berjumlah 35 orang, sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah  rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) yang dibuat dan  akan dianalisis dengan menggunakan lembar penilaian RPP.

Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis  deskriptif terhadap kemampuan Guru PJOK yang bersertifikat pendidik di Kecamatan Binuang dan Hatungun dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran    (RPP )(X1) dengan kemampuan Guru PJOK yang tidak bersertifikat pendidik di Kecamatan Binuang dan Hatungun dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran ( RPP ) (X2), dapat disimpulkan tidak ada perbedaan secara signifikan terhadap kemampuan Guru PJOK yang bersertifikat pendidik di Kecamatan Binuang dan Hatungun dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran ( RPP ) (X1) dengan kemampuan Guru PJOK yang tidak bersertifikat pendidik di Kecamatan Binuang dan Hatungun dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran ( RPP ) (X2).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI