DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN LARUTAN BUFFER SECARA REPRESENTASI KIMIA MELALUI MULTI-MODEL PEMBELAJARAN TTW-PBL UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 11 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:LATIKA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


Telah dilakukan penelitian tentang pembelajaran larutan buffer secara representasi kimia melalui multi-model pembelajaran TTW-PBL untuk mengetahui pemahaman representasi kimia dan mereduksi miskonsepsi peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 11 Banjarmasin. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TTW-PBL secara representasi kimia dan kelas kontrol menggunakan model PBL secara representasi kimia, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman representasi kimia dan miskonsepsi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui perbedaan miskonsepsi, hasil belajar ranah sikap dan keterampilan. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisis perbedaan pemahaman representasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan pemahaman representasi kimia yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 2,15 > 1,99, (2) terdapat perbedaan miskonsepsi peserta didik kelas eksperimen sebesar 16,57% dan kelas kontrol sebesar 23,24%, (3) terdapat perbedaan hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada kelas eksperimen dan kontrol, dan (4) peserta didik di kelas eksperimen memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI