DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN LITERASI ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PRODUK SWALAYAN DENGAN MODEL EKSPOSITORI PADA MATERI KOLOID
PENGARANG:YENI ARTAULYNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


ABSTRAK

Penelitian ini tentang perbedaan literasi ilmiah dan penguasaan konsep menggunakan model project based learning berbantuan produk swalayan dengan model ekspositori pada materi koloid. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain nonequivalen control group. Penelitian ini menggunakan peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 4 Banjarmasin. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model  pembelajaran, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan produk swalayan dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikatnya adalah literasi ilmiah dan penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui respon peserta didik. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisis perbedaan literasi ilmiah dan penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan literasi ilmiah yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 6,08 > 2,00, dan (2) terdapatperbedaan penguasaan konsep yang signifikan pada kelas eksperimen dankontrol dengan harga thitung > ttabelyakni 3,11 > 2,00.

 

Kata kunci:  Literasi ilmiah, penguasaan konsep, Project Based Learning, produk swalayan, koloid

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI