DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID KELAS XI MIPA 4 SMAN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:RINA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


Telah dilaksanakan penelitian tentang meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar melalui penerapan project based learning pada materi koloid kelas XI MIPA 4 dengan jumlah 36 siswa di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan 1) aktivitas siswa, 2) keterlaksanaan guru, 3) keterampilan berpikir kreatif proyek, 4) keterampilan berpikir kreatif dan 5) hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada 1) aktivitas siswa dari kategori cukup aktif menjadi aktif, 2) keterlaksanaan guru dari kategori baik menjadi sangat baik, 3) keterampilan berpikir kreatif proyek dari kategori cukup kreatif menjadi sangat kreatif, 4) keterampilan berpikir kreatif dari kategori sedang menjadi kreatif, 5) hasil belajar : sikap dari kategori cukup baik menjadi baik, keterampilan dari cukup terampil menjadi sangat terampil dan pengetahuan dari ketuntasan klasikal dari 44,44% dengan rata-rata 72,78 menjadi 91,67%  dengan rata-rata 81,94.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI