DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA BAROQAH KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 2017
PENGARANG:M Krisang Eka K
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-02


Penelitian skripsi ini bertujuan ingin mengetahui kinerja pengelolaan dana Desa dalam pembangunan di Desa Baroqah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja pemerintah Desa dalam pembangunan di Desa Baroqah. Pada skripsi ini memakai teori Robbins yaitu indikatornya prestasi, kualitas, ketepatan waktu.

 Metode yang dipakai Pendekatan penelitian kualitatif Jenis yang digunakan deskriptif. pengumpulan data pada teknik penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi kerja, ketetapan waktu dan kualiats kerja pemerintah Desa Baroqah dalam pengelolaan dana Desa dikatakan sudah cukup baik. Hal tersebut dikarenakan, sesuai dengan pernyataan dari kepala Desa Baroqah dan apparat pemerintah Desa meskipun masih ada program atau pemberdayaan yang tidak terlaksana. Selain itu juga dapat dilihat pada perbandingan antara anggaran pendapatan dan Belanja (APBDes) Desa Baroqah tahun 2017 dan 2018. Jumlah APBDes tahun 2018 menglami peningkatan yang besar disbandingkan APBDes tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa program pembangunan Desa di tahun 2017 cukup berhasil. Sehingga dampaknya pembangunan itu langsung dirasakan oleh masyarakat desa Baroqah yang ingin adanya pembangunan di Desanya.

 

Saran dari hasil penelitian ini adalah diharapkan pemerintah Desa melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membantu penyebaran informasi dan pemahaman yang akan dilakukan. Sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk ikut dalam pelaksanaan program-program pemerintah Desa dan ikut melihat jalanya dalam pembangunan di Desa Baroqah. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para pelaksana pengelolaan dana Desa sehingga Desa Baroqah bisa maju lagi dan berkembang kedapannya. Karena dengan pemerintah Desa yang memiliki kualitas baik maka akan tercipta perencanaan dan pengambilan kebijakan yang lebih baik untuk Desa Baroqah dalam pembangunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI