DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 26 BANJARMASIN TOPIK CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK MELALUI PENGAJARAN LANGSUNG
PENGARANG:Zara Yahyana
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2017-12-21


Penerapan strategi model pembelajaran di sekolah tidak sesuai dengan yang
diharapkan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pengajaran langsung.
Penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan
RPP selama kegiatan belajar mengajar, (2) keterampilan prosedural siswa, dan (3)
hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Banjarmasin
mengacu pada desain alur penelitian PTK Kemmis dan Mc Tagart dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Banjarmasin. Data diperoleh
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data melalui deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan
RPP selama proses pembelajaran melalui model pengajaran langsung meningkat
yaitu pada siklus I persentase keterlaksanaan RPP sebesar 91,01% dengan
kategori sangat baik dan pada siklus II sebesar 96,33% dengan kategori sangat
baik, (2) keterampilan prosedural siswa secara klasikal juga meningkat yaitu
siklus I persentase sebesar 85,41% dengan kriteria sangat terampil menjadi
95,48% pada siklus II dengan kriteria sangat terampil, (3) hasil belajar siswa
meningkat secara klasikal yaitu pada siklus I persentase hasil belajar siswa
sebesar 62,5% dengan kategori tidak tuntas menjadi 87,5% dengan kategori tuntas
pada siklus II. Diperoleh simpulan bahwa melalui model pengajaran langsung
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci: Hasil belajar siswa, pengajaran langsung, cahaya, alat-alat optik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI