DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | Nurul Hidayah | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-09-03 |
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANJARMASIN (Oleh:Nurul Hidayah; Pembimbing: Chairil Faif Pasani, Rizki Amalia, 2019; 73 halaman)
ABSTRAK
Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata (autentik) yang tidak terstruktur sebagai konteks untuk dapat mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah serta berpikir kritis. Agar dapat menyelesaikan masalah siswa perlu memiliki karakter mandiri dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) membina karakter mandiri kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) , (2) membina karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL), (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui penerapan model melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL), (4) mengetahui hubungan karakter mandiri dan tanggung jawab dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian time series sebanyak enam kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter mandiri siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin, (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin, (3) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin menggunakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan pada pertemuan pertama sampai sampai pertemuan keenam, (4) terdapat hubungan yang cukup antara karakter mandiri dan karakter tanggung jawab dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), mandiri, tanggung jawab
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI