DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018
PENGARANG:RIZKA WIDYA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


ABSTRAKSI

 

Rizka Widya Pratiwi (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018.

Promotor: Lili Safrida, S.E, M.Si, Ak, CA

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menunjukkan intellectual capital sebagai variabel independen, nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan profitabilitas sebagai variabel moderasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu, dan total sampel 15 perusahaan dengan periode 2014 hingga 2018. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS for windows 21.00. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sehingga diperlukan variabel yang memoderasi hubungan intellectual capital yaitu variabel profitabilitas (ROA) . Hasil dari penelitian setelah dimoderasi oleh profitabilitas yaitu intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan setelah dimoderasi dengan variabel profitabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa aset tidak berwujud tidak akan berpengaruh tanpa adanya aset berwujud perusahaan. 

Kata Kunci: intellectual capital, nilai perusahaan, profitabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI