DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST DI SMAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:NADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


Telah dilakukan penelitian tentang efektivitas model pembelajaran concept attainment berbasis representasi kimia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Banjarmasin pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model concept attainment bebasis representasi kimia dalam meningkatkan pemahaman konsep, dan (2) respon peserta didik terhadap model pembelajaran concept attainment bebasis representasi kimia. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel  penelitian adalah kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X-MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji Anava dan uji lanjut Duncan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen 1, eksperimen 2 dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol (2) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 (3) peserta didik memberikan respon yang baik terhadap model concept attainment berbasis representasi kimia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI