DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS SOSIAL KABUPATEN TABALONG DALAM MENGURANGI KEMISKINAN
PENGARANG:LISA SUHAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


Lisa Suhaini, D1B115419, 2019, Strategi Dinas Sosial Kabupaten Tabalong dalam Mengurangi Kemiskinan, dibimbing oleh Netty Herawaty dan Husein Abdurrahman.

 

Kemiskinan yang berada di Kabupaten Tabalong menuntut kehadiran pemerintah yaitu Dinas Sosial Kabupaten Tabalong karena memiliki peran dan tugas yang salah satunya untuk penanggulangan kemiskinan. Dinas Sosial Kabupaten Tabalong memerlukan sebuah strategi tepat untuk mengurangi kemiskinan yang ada yaitu mempunyai tujuan organisasi, mengeluarkan kebijakan dan program guna menangani permasalahan-permasalahan sosial termasuk keluarga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Dinas Sosial Kabupaten Tabalong dalam mengurangi kemiskinan. Hal ini karena Dinas Sosial Kabupaten Tabalong dilihat dari Badan Pusat Statistik tentang kemiskinan, telah berhasil mengurangi kemiskinan di Kabupaten Tabalong. Untuk mengukur Strategi yang dijalankan Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, peneliti menggunakan teori J.Winardi, yaitu Tujuan, Kebijakan, Tindakan Pokok.

Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.  Sumber dan teknik pengumpulan data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui, wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Data yang berhasil yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Dinas Sosial Kabupaten Tabalong yaitu dilihat dari: Tujuan, tujuan dari Dinas Sosial Kabupaten Tabalong sudah sejalan dengan Pemerintah Daerah yaitu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat yang termasuk didalamnya Fakir Miskin. Kebijakan, sudah sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Tindakan Pokok, setelah di dapat data masyarakat miskin, ada beberapa kegiatan yang dijalankan Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, yaitu Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Program Usaha Ekonomi Bersama (UEP), Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILA-HU). Walaupun demikian, Dinas Sosial Kabupaten Tabalong dalam menjalankan Tindakan Pokoknya masih dihadapkan dengan adanya berbagai macam kendala, seperti : terlambatnya dana masuk dari pusat, jaringan yang terkadang lelet membuat server error untuk mengakses sistem, dan jarang ada penduduk yang mau bilang sendiri kalau dia mampu, selalu mau dibantu.

 

Kata Kunci: Strategi, Mengurangi Kemiskinan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI