DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PENGAWASAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SIHABUDIN AL MAHFUZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


ABSTRACT

               Sihabudin Al Mahfuz (D1A115242) The Role of Supervision of the Environmental Service in Reducing the Use of Plastic Bags in the City of Banjarmasin. Under the guidance of Tomi Oktavianor.

 

               This study aims to determine the extent of the role of Environmental Services Supervision in reducing the use of plastic bags in the city of Banjarmasin. The role of the Banjarmasin City Environment Agency in overseeing the policy of Mayor Regulation Number 18 of 2016 concerning reducing the use of plastic bags in order to realize the Vision and Mission of the City of Banjarmasin which is clean, beautiful and comfortable.

           

                This study uses a qualitative approach with two data collection techniques, namely interviews and documentation. Key informants in this study include the Head of Environmental Management, the Head of Environmental Monitoring, Employees of Retail Stores, and Buyers at Retail Stores. Data collected will then be analyzed using thematic analysis techniques

ABSTRAK

 

Sihabudin Al Mahfuz (D1A115242) Peran Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Tomi Oktavianor.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini meliputi Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bidang Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup, Karyawan Toko Ritel, dan Pembeli di Toko Ritel. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama dua tahun lebih berjalannya kebijakan Peraturan Walikota Nomor 18 tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Banjarmasin yang dimana peran Dinas Lingkungan Hidup dalam mengawasi kebijakan Peraturan Walikota ini mampu mengurangi penggunaan kantong plastik di Kota Banjarmasin. Karena sejak diberlakukannya Peraturan Walikota Nomor 18 tahun 2016 yang dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup dalam mengawasi kebijakan tersebut mampu mengurangi penggunaan kantong plastik ditoko ritel mencapai 55% . Sejauh ini pemerintah Kota Banjarmasin khususnya Dinas Lingkungan Hidup yang mengawasi akan Peraturan Walikota  Nomor 18 tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Banjarmasin sampai saat ini mempunyai keterbatasan personil dalam mengawasi Peraturan Walikota tersebut yang dimana pengawas lapangan yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang bertugas untuk melakukan pengawasan akan Peraturan Walikota ini hanya delapan orang saja. Jumlah yang sangat tidak seimbang jika dibandingkan dengan jumlah toko ritel yang diawasi di Kota Banjarmasin, selain itu juga koordinasi atasan dan bawahan sering terjadi benturan- benturan penjadwalan pengawasan, sehingga sering sekali pengawasan tidak jalan sesuai dengan program mengakibatkan kurang maksimalnya pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan pembeli di toko ritel kurang mendukung dengan adanya peraturan walikota tersebut.

Kata Kunci : Peran Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup, Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Toko Ritel.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI