DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKIRAAN PENENTUAN BIAYA PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (STUDI KASUS: UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN)
PENGARANG:TAUFIK RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah besaran biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa pada setiap semester. Kebijakan tentang UKT dikeluarkan oleh Kemendikbud melalui Permendikbud Nomor 55 tahun 2013 yang kemudian terjadi perubahan sebanyak 4 kali yaitu Permendikbud Nomor 73 tahun 2014, Permendikbud Nomor 22 tahun 2015, Permendikbud Nomor 39 tahun 2016 dan Permendikbud Nomor 39 tahun 2017 bahwa biaya yang ditanggung oleh mahasiswa harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa.  

Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin sudah mengadopsi sistem UKT mulai tahun akademik 2013 dan didukung dengan sebuah sistem untuk menentukan golongan UKT. Namun pada sistem tersebut masih terdapat kekurangan yaitu kriteria yang di masukkan kedalam sistem masih belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan dan juga belum menggunakan metode/algoritma dalam  melakukan  perhitungan sehingga hasil yang didapat kurang meyakinkan untuk dijadikan pengambilan  keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem perkiraan penentuan biaya pembayaran UKT  berbasis web dengan menggunakan metode Naive Bayes. Metode Naive Bayesadalah sebuah metode klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik dengan memprediksi peluang dimasa depan berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya sehingga dikenal sebagai Teorema Bayes. Pengujian sistem dilakukan dengan cara membandingkan hasil keluaran sistem dengan hasil verifikasi oleh verifikator. Dari hasil pengujian  yang telah dilakukan bahwa sistem perkiraan penentuan biaya pembayaran UKT telah cocok dan sesuai dengan persentase sebesar 83,3%.

Kata kunci: Uang Kuliah Tunggal (UKT), Naive Bayes.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI