DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP JAMUR
PENGARANG:AUFA NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


Penelitian pengembangan merupakan inovasi baru dalam penelitian pendidikan. Penelitian desain pendidikan merupakan suatu kajian sistematis tentang merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi intervensi pendidikan sebagai solusi memecahkan masalah yang kompleks dalam praktik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; dan 3) small group evaluation. Struktur LKPD yang dikembangkan mengacu pada Daryanto & Dwicahyono dan keterampilan berpikir kritis mengacu pada Facione 1990. Subjek validasi adalah 3 ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas X jenjang SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas X jenjang SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan ahli memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi memiliki kategori baik dan kepraktisan harapan kategori sangat baik; dan 3) keefektifan LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori baik pada keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI