DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
PENGARANG:SITTI FARIDAH ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


ABSTRAK

Sitti Faridah Ariani, D1A115068, 2019 “Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara”. Dibawah bimbingan Enly Hadiyanor.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menjalankan tugasnya sebagai perangkat daerah dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil.

            Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Sekretariat DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara sudah berjalan cukup baik. Walaupun masih ditemukan kendala-kendala, seperti masih adanya pegawai yang kurang disiplin terhadap kehadiran, pegawai yang melaksanakan tugasnya kurang professional, masih ada pegawai yang datang terlambat dan pulang lebih awal, kurang memanfaatkan waktu kerja dengan baik, pada jam kerja tidak ada di kantor dengan alasan yang tidak jelas, ditambah kurangnya kesadaran dari masing-masing pegawai, sehingga didalam menjalankan kewajiban PNS menjadi kurang maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, yaitu kompensasi/gaji pegawai yang dirasa masih kurang, teladan pimpinan yang kurang cakap dalam memberikan contoh/teladan, ketegasan dalam pemberian sanksi disiplin belum sepenuhnya tersosialisasi dan terlaksana dengan baik, kurangnya pengawasan pimpinan secara langsung dalam membimbing dan mengarahkan pegawai dan belum maksimalnya seorang pemimpin dalam memberikan perhatian membuat perilaku pegawai dalam menjalankan tugasnya menjadi kurang maksimal.

 

 

Kata Kunci : Disiplin Kerja, Pegawai Negeri Sipil

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI