DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP DUNIA TUMBUHAN
PENGARANG:LAURA INNEKE FL DAMANIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


Penelitian pengembangan merupakan inovasi baru dalam penelitian pendidikan. Penelitian desain pendidikan merupakan suatu kajian sistematis tentang merancang, mengembangkan dan mengevaluasi intervensi pendidikan sebagai solusi memecahkan masalah yang kompleks dalam praktik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one; dan 3) small group. Struktur LKPD yang dikembangkan mengacu pada Daryanto & Dwicahyono dan keterampilan berpikir kritis mengacu pada Facione 1990. Subjek validasi adalah 3 dosen pakar, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas X jenjang SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas X jenjang SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan pakar memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi memiliki kategori baik dan kepraktisan harapan LKPD berdasarkan respon peserta didik memiliki kategori sangat baik; dan 3) keefektifan LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori sangat baik pada semua keterampilan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI