DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi pada HUMAS SMK Yayasan Pendidikan Teknologi Banjarmasin)
PENGARANG:A. YAMANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAK Ahmad Yamani, D1C113014, 2018, Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Studi pada Humas SMK YPT Banjarmasin. Dibimbing oleh Novaria Maulina dan Sarwani. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi Humas dalam meningkatkan citra dan daya saing pada SMK YPT Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, strategi Humas SMK YPT Banjarmasin, yaitu: (1) Publikasi pada media cetak dan online; (2) Mengelola pesan/berita; (3) Menyelenggarakan event seperti: lomba futsal, bakti sosial, kegiatan keagamaan, dan kegiatan sosialisasi; (4) Membangun identitas perusahaan melalui nama, logo dan baju praktik khusus; (5) Menjalin hubungan dengan stakeholder seperti: yayasan, media dan DU/DI; (6) Melakukan lobbi dan negosiasi melalui: rapat RAKS, rapat yayasan serta rapat wali siswa; (7) Melakukan kegiatan social responsibility Rumah Belajar Samsung. Kedua, Implementasi pada peningkatan citra dilihat dari: peningkatan peserta PPDB, berkurangnya keluhan-keluhan khalayak dan meningkatnya kepercayaan DU/DI dalam menjalin kerjasama. Ketiga, Implementasinya terhadap peningkatan daya saing, yaitu: menguatnya posisi pasar dari hasil pelaksanaan PPDB dan unggul dari sekolah swasta lainnya yang sejenis, terbantunya lulusan untuk bekerja pada usaha milik alumnus serta hubungan kerjasama dengan DU/DI membuat sekolah dapat berfokus pada pemenuhan keinginan khlayaknya, meningkatnya kinerja pada pengembangan sarana dan prasarana, serta memiliki posisi menguntungkan dengan adanya Rumah Belajar Samsung. Kata Kunci: Strategi, Humas, Citra, dan Daya Saing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI