DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DETERMINAN TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017
PENGARANG:NORMATUSSA`DIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


Normatussa’diah, (2019) Analisis Determinan Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Pembimbing: Yohana Yustika Sari

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti tentang pengaruh profitabilitas, leverage, komisaris independen, komite audit terhadap tax avoidance. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, komisaris independen, dan komite audit. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tax avoidance yang diukur menggunakan cash effective tax rate (CETR).

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 255 perusahaan manufaktur berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance perusahaan sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance perusahaan. Koefisien determinasi sebesar 0,317 yang berarti 31,7% tax avoidance dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Hasil ini menunjukkan masih banyak variabel di luar penelitian yang dapat menjelaskan tax avoidance.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI