DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PENDAPATAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PADA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI RAWAT JALAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. MOCH. ANSARI SALEH)
PENGARANG:M. RIZKY FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAK

 

M. Rizky Fauzan (2019) “Analisis Pengendalian Internal Pendapatan Rawat Jalan Rumah Sakit Pada Sistem Informasi Akuntansi Rawat Jalan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh)”. Pembimbing 1 : Rano Wijaya, SE, M.Si, M.Fin, Pembimbing 2 : Achmad Suhaili, SE, M.Si, Ak, CA.

Pengendalian Internal merupakan suatu teknik pengawasan dan seluruh kegiatan operasional perusahaan yang digunakan untuk mencegah terjadinya kecurangan dan kesalahan serta melindungi harta milik perusahaan terutama kas. Objek penelitian adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui diskripsi sistem dan prosedur serta pengendalian internal dari pendapatan yang ada pada rawat jalan di rumah sakit yang bersangkutan.

Dalama penelitian inim peneliti menggunakan metode diskriptif untuk menganalisis data. Data dikumpulkan dari dokumen, interview, serta observasi langsung terhadap apa saja yang berhubungan dengan pendapatan dari rawat jalan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri atas data primer dan data sekunder. Deskirpsi dari penelitian ini telah dibuat dengan data yang telah didapat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapaat dua kelemahan, yaitu : 1) tidak adanya pemisahan kasir pada bagian pendaftaran dan apotek, 2) Pada bagian rekam medis dan apotek, penginputan transaksi pendapatan dan penyerahan uang ke bank dilakukan oleh orang yang sama. Dari penelitian ini peneliti menyarankan untuk membuat pemisahan kasir pada bagian pendaftaran dan apotek. Pada bagian rekam medis dan apotek, penginputan transaksi pendapatan dan penyetoran uang ke bank sebaiknya dilakukan oleh orang yang berbeda, dan akan lebih baik jika pihak rumah sakit bekerja sama dengan petugas bank sehingga petugas bank dapat ditempatkan di dekat kasir sebagai penerima uang secara langsung sebagai pihak independen.

Kata kunci : sistem pengendalian intern, rumah sakit, penerimaan kas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI