DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 BANJARMASIN PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) | |
PENGARANG | : | Ulul Azmi Purnamasari | |
PENERBIT | : | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | |
TANGGAL | : | 2017-12-22 |
Kurangnya antusias siswa dalam menyimak, menyampaikan pendapat, serta
rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin pada mata
pelajaran IPA, melatarbelakangi penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation pada materi cahaya dan alat optik. Tujuan khusus penelitian adalah
mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas belajar, dan (3) hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Hopkins, terdiri
atas dua siklus dengan masing-masing siklus dua pertemuan. Perangkat dan
instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus, RPP, hand out, LKPD, lembar
pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar pengamatan aktivitas siswa.
Data diperoleh melalui tes dan pengamatan, dianalisis secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP yaitu 77,98%
(baik) pada siklus I 95,45% (sangat baik) pada siklus II; (2) aktivitas belajar siswa
pada siklus I berkategori aktif, dan pada siklus II berkategori sangat aktif; (3) hasil
belajar siswa pada siklus I yaitu 75% (tuntas) pada siklus II 91% (tuntas). Diperoleh
simpulan bahwa aktivitas belajar siswa VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin pada
materi cahaya dan alat optik meningkat saat diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation (GI).
Kata kunci: Kooperatif tipe group investigation, PTK, cahaya dan alat optik,
aktivitas belajar, dan hasil belajar.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI