DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGUASAAN KONSEP ANTARA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MODEL ARIAS BERBANTUAN LKPD TTS DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EKSPOSITORI PADA MATERI SISTEM KOLOID
PENGARANG:SRI ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


Telah dilakukan penelitian tentang analisis perbedaan kecerdasan emosional dan penguasaan konsep antara pembelajaran yang menggunakan model ARIASberbantuan LKPD TTSdengan pembelajaran yang menggunakan model ekspositori pada materi sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional dan penguasaan konsepantara kelas yang menggunakan model ARIAS berbantuan LKPD TTS dan kelas yang menggunakan model ekspositori. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desainpenelitian pretest-posttest nonequivalent control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didikkelas XI MIPA 3sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2sebagai kelas kontrol diSMAN 8Banjarmasin. Variabel bebas adalah model pembelajaran, sedangkanvariabel terikatnya adalah kecerdasan emosionaldan penguasaan konsep.Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptifdigunakan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisisperbedaan kecerdasan emosionaldan penguasaan konsep.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung < ttabel yakni 1,284 < 1,994, (2) terdapat perbedaanpenguasaan konsepyangsignifikanpada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 2,134 > 1,994.Kata kunci: ARIAS, ekspositori, TTS, kecerdasan emosional, penguasaan konsep, sistem koloid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI