DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMODITAS UNGGULAN SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2012-2016
PENGARANG:MUHAMMAD RASYID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAKSI

Muhammad Rasyid (2019). Analisis Komoditas Unggulan Sektor Pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2012-2016. Pembimbing: Dra. Hj. Ika Chandriyanti, MP.

       Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis komoditas unggulan sektor pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan (2) menganalisis perubahan dan pergeseran struktur pada komoditas sektor pertanian.

       Penelitian ini menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ) untuk mengetahui komoditas pertanian apa yang menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta menggunakan alat analisis Shift Share untuk mengetahui perubahan dan pergeseran struktur pada komoditas pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komoditas pertanian yang menjadi unggulan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah Sub Sektor tanaman pangan: padi sawah, padi ladang dan ubi jalar. Sub sektor perkebunan: kelapa, kakao, cengkeh, kemiri, kapuk, aren, kayu manis, karet dan kopi. Sub Sektor Perikanan: budidaya keramba dan budidaya jaring apung.Sub sektor Kehutanan: kayu gergajian. Sub Sektor Peternakan: ayam kampung, babi dan itik. Berdasarkan perhitungan shift share menunjukkan bahwa komoditas pertanian yang mengalami perubahan atau pergeseran tertinggi terdapat pada subsektor perkebunan yaitu komoditas kelapa sawit.

Kata Kunci:  Penentuan Komoditas Unggulan Sektor Pertanian di Kabupaten                              Hulu Sungai Selatan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI