DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RANCANGAN MODEL KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:MUHAMMAD FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAK

MUHAMMAD FITRI. NIM. A1D115017 “ Rancangan Model Kooperatif 

(Cooperative Learning) Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar 

“. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung 

Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2019. Pembimbing (I). Dr. Tri Irianto, 

M.Kes (II) Dr. Rahmadi, M.Pd

 Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui isi langkah-langkah 

Persiapan Tertulis ( RPP ) dengan menggunakan model kooperatif (Cooperative 

Learning) pada peserta didik Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 

kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan teknik survey dan 

dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri maupun 

Swasta se-Kota Banjarbaru dengan jumlah Sekolah Dasar Negeri 87 Sekolah 

Dasar, sedangkan Sekolah Dasar Swasta 20 Sekolah Dasar, jadi untuk total 

keseluruhan berjumlah 87 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Adapun yang 

menjadi sampel penelitian adalah 15 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Sampel 

yang diambil di setiap kecamatan berjumlah 3 sekolah, karena Kota Banjarbaru 

terdapat 5 kecamatan, maka apabila ditotalkan berjumlah 15 sekolah sampel. 

Objek data sampel yang diambil adalah RPP Guru Pendidikan Jasmani di 

masing-masing sekolah yang bersangkutan. Pengambilan sampel diambil 

berdasarkan Akreditasi Sekolah, dengan menggunakan Pengambilan Sampel 

Acak Sistematis ( Systematic Random Sampling).

Hasil penelitian diperoleh tingkat kesesuaian model pembelajaran 

Kooperatif ( Cooperative Learning) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 

(RPP) pada 2 Sekolah Dasar yang dijadikan objek penelitian sama-sama 

memperoleh persentasi sebesar 31,25 % atau hanya 5 kriteria yang sesuai.

Sedangkan 11 kriteria diantaranya tidak sesuai atau memperoleh persentasi 

sebesar 68,75%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian model 

pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Rencana Pelaksanaan 

Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar Negeri 5 Komet dan Sekolah Dasar 

Negeri 4 Syamsudin Noor sama-sama berada pada kategori Kurang (K).

 Kata Kunci : Rancangan Model Kooperatif (Cooperative Learning), 

 Pembelajaran PJOK, di Sekolah Dasar.

ii

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI