DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | RANCANGAN MODEL KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD FITRI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-09-04 |
ABSTRAK
MUHAMMAD FITRI. NIM. A1D115017 “ Rancangan Model Kooperatif
(Cooperative Learning) Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar
“. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK).
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung
Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2019. Pembimbing (I). Dr. Tri Irianto,
M.Kes (II) Dr. Rahmadi, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui isi langkah-langkah
Persiapan Tertulis ( RPP ) dengan menggunakan model kooperatif (Cooperative
Learning) pada peserta didik Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan teknik survey dan
dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri maupun
Swasta se-Kota Banjarbaru dengan jumlah Sekolah Dasar Negeri 87 Sekolah
Dasar, sedangkan Sekolah Dasar Swasta 20 Sekolah Dasar, jadi untuk total
keseluruhan berjumlah 87 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Adapun yang
menjadi sampel penelitian adalah 15 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Sampel
yang diambil di setiap kecamatan berjumlah 3 sekolah, karena Kota Banjarbaru
terdapat 5 kecamatan, maka apabila ditotalkan berjumlah 15 sekolah sampel.
Objek data sampel yang diambil adalah RPP Guru Pendidikan Jasmani di
masing-masing sekolah yang bersangkutan. Pengambilan sampel diambil
berdasarkan Akreditasi Sekolah, dengan menggunakan Pengambilan Sampel
Acak Sistematis ( Systematic Random Sampling).
Hasil penelitian diperoleh tingkat kesesuaian model pembelajaran
Kooperatif ( Cooperative Learning) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) pada 2 Sekolah Dasar yang dijadikan objek penelitian sama-sama
memperoleh persentasi sebesar 31,25 % atau hanya 5 kriteria yang sesuai.
Sedangkan 11 kriteria diantaranya tidak sesuai atau memperoleh persentasi
sebesar 68,75%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian model
pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar Negeri 5 Komet dan Sekolah Dasar
Negeri 4 Syamsudin Noor sama-sama berada pada kategori Kurang (K).
Kata Kunci : Rancangan Model Kooperatif (Cooperative Learning),
Pembelajaran PJOK, di Sekolah Dasar.
ii
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI