DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REDESAIN PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRI
PENGARANG:UMI HALISAH DINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAK

Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri merupakan sebuah lembaga pendidikan islam khusus perempuan  yang ada di Martapura Kalimantan Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1995. Dengan waktu yang cukup lama selama lebih dari 20 tahun, pondok pesantren ini telah banyak mengalami perkembangan terutama dalam hal pembangunan, akan tetapi perkembangan pondok pesantren kedepan akan semakin kompleks mengingat adanya program usaha pemerintah yang ingin bekerja sama dengan dunia Pondok Pesantren dalam hal ekonomi kreatif , hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam lingkungan pondok pesantren. Maka dari itu pengembangan ekonomi kreatif sebagai media pembelajaran perlu dimasukkan untuk mempertahankan eksistensi pondok pesantren ini dimasa yang akan datang.

Metode yang dipakai pada penulisan ini adalah metode programming yang mana mempunyai 2 langkah utama yaitu: a) Programming (bersifat analisis) merupakan upaya penelusuran  masalah dan; b) Schematic Design (bersifat sintesis) yang merupakan upaya pemecahan masalah yang didapat. Hasil dari metode yang dipakai akhirnya didapatlah Konsep islamic creative educative place yang mana ia merupakan kombinasi dari 2 variabel utama yaitu islamic education dan creative education.

Kata kunci : pondok pesantren, ekonomi kreatif, islamic creative educative

ABSTRACT

        

            Darul Hijrah Islamic Boarding School for girl is a women's Islamic education institution in Martapura South Kalimantan and has been established since 1995. With a long time of more than 20 years, this boarding school has experienced many developments, especially in terms of development, but the development of Islamic boarding schools in the future will be increasingly complex considering the existence of government business programs that want to cooperate with the world of Islamic Boarding Schools in terms of the creative economy, this is intended to develop the economy and Human Resources (HR) within the boarding school environment. So from that the development of the creative economy as a learning media needs to be included to maintain the existence of this boarding school in the future.

The method that used in this report is a programming method which has two main steps: a) Programming (analysis) is a problem-tracking and; b) Schematic Design (synthesis) which is a problem solving. The results of the method used finally got the Islamic creative educative place concept which is a combination of the two main variables namely Islamic education and creative education

Keyword: Islamic boarding school, creative economy, Islamic creative educative


 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI