DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PARTAI POLITIK DALAM PENDIDIKAN POKITIK KEPADA MASYARAKAT (STUDI TERHADAP UU NO 2 TAHUN 2011 jo UU NO 2 TAHUN 2008)
PENGARANG:ASTUTI RUMAKABIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


JUDUL: ‘’PERAN PARTAI POLITIK DALAM PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MASYARAKAT (STUDI TERHADAP UNDANG-UNDANG PARTAI POLITIK NOMOR 2 TAHUN 2011 jo UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008)’’

 

ASTUTI RUMAKABIS

ABSTRAK 

Tujuan dari penelitian Skripsi ini adalah untuk mengetahui tentang Pendidikan Politik kepada masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik jo Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008. Yang menurut Pasal 1 ayat 4 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik Pendidikan Politik adalah proses pempelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Menurut hasil dari penelitian Skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik bahwasanya partai politik wajib melakukan Pendidikan Politik kepada masyarakat agar masyarakat dapat menegetahui tentang politik karena selama ini masyarakat Indonesia banyak yang belum paham tentang politik dan partai politikpun belum sepenuhnya melaksanakan tugasnya dalam menjalankan pendidikan politik. Negara Indonesia merupakan Negara demokrasi yang berdasarkan Pancasila. Pada Negara demokrasi dikenal dengan PEMILU atau Pemilihan Umum yang mana membahas tentang politik di Indonesia. Kedua, bentuk-bentuk pendidikan politik yang diberikan pada masyarakat dengan menggunakan media dan lembaga yang di sediakan oleh pemerintah baik dalam lingkup keluarga, sekolah, dan partai politik itu sendiri. Dengan bentuk-bentuk pendidikan politik yang dilakukan maka masyarakat akan lebih mudah memahami segala sesuatu yang di sampaikan oleh partai politik dengan bantuan media-media yang telah di sediakan oleh pemerintah dan parai politik.

 

Kata Kunci: Partai Politik, Pendidikan Politik, masyarakat

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI