DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI TRADISI BAHANDIL MASYARAKAT BANJAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DEFIKA AYUDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-04


ABSTRAK

 

Defika Ayudya. 2019. Nilai Dalam Tradisi Bahandil Masyarakat Banjar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen pembimbing I Dr. Syaharuddin, MA dan pembimbing II Akhmad Munaya Rahman, M.Pd

 

Setiap masyarakat memiliki sebuah tradisi tertentu yang mana di dalamnya terdapat sebuah nilai. Potensi kearifan lokal itu adalah ritual budaya-agama dan kegiatan bahandil yasinan (membaca surah yasin),kurban, dan kematian. Kegiatan tersebut sudah melekat pada sebagian masyarakat muslim di Banjarmasin khususnya di daerah Kelurahan Kuin Utara. 

Tujuan penelitian:1) Untuk mengetahui tradisi bahandil yasinan, bahandilkurban, dan bahandil kematian dalam masyarakat Banjar  Kelurahan Kuin Utara di Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui nilai dalam tradisi bahandil masyarakat Banjar Kelurahan Kuin Utara di Banjarmasin. 3) Untuk mengetahui nilai tradisi bahandil sebagai sumber belajar IPS.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah masyarakat, guru dan peserta didik. Menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data adalah analisis interaksi baik dari data dan sumber yang memberikan informasi tentang bahandil.

Hasil penelitian: 1)tradisi bahandil yasinan, bahandil kurban, dan bahandil kematian dalam masyarakat Banjar  Kelurahan Kuin Utara di Banjarmasin, tradisi tersebut sebenarnya sudah lama dilaksanakan namun karena adanya perubahaan arus zaman dan globalisasi tersebut membuat orang merubah arah dengan proses seperti upah bagi orang yang melaksanannya. 2)karena adanya perubahaan arus zaman dan globalisasi tersebut membuat orang merubah arah dengan proses seperti upah bagi orang yang melaksanannyta. Sifat tersebut tidak lagi mengumpulkan orang banyak namun lebih banyak meninggalkannya. 3)Bagi siswa temuan ini menjadikan siswa yang tadi lupa akan nilai sosial di dalam masyarakat, disini bisa belajar dan mengetahui pentingnya saling bersosialisasi dan dapat menanamkan nilai bahandil  yasinan, bahandil  kurban dan bahandil  kematian di masyarakat.

 

 

Kata Kunci: Nilai, Bahandi, dan Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI