DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 12 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:ALYA NUR ASMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 di SMAN 12 Banjarmasin melalui model Problem Based Learning pada materi koloid tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi koloid. Model pembelajaran ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi), dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 12 Banjarmasin dengan jumlah peserta didik 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan berpikir kritis meningkat dari 43,00 kategori cukup kritis di siklus I menjadi 72,00 kategori kritis di siklus II, (2) Hasil belajar sikap peserta didik mengalami peningkatan dari 7,85 termasuk dalam kategori cukup baik pada siklus I menjadi 11,47 yang termasuk dalam kategori baik pada siklus II, hasil belajar keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 9,00 termasuk dalam kategori cukup terampil mengalami peningkatan menjadi 9,40 yang termasuk dalam kategori terampil pada siklus II dan hasil belajar pengetahuan peserta didik siklus I sebesar 70,69 termasuk dalam kategori sedang mengalami peningkatan menjadi 86,38 yang termasuk dalam kategori baik pada siklus II.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI