DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai-Nilai Kebertahanan Kewirausahaan pada Pengrajin Tanggui dalam Konteks Ekonomi Kreatif
PENGARANG:IKA SAKTI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


NILAI-NILAI KEBERTAHANAN KEWIRAUSAHAAN PADA PENGRAJIN TANGGUI DALAM KONTEKS EKONOMI KREATIF

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran nilai-nilai kebertahanan kewirausahaan pada pengrajin tanggui di Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Narasumber pada penelitian ini adalah pengrajin tanggui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gambaran nilai-nilai kebertahanan yang berkembang dan dianut oleh pengrajin tanggui yang diwujudkan dalam bentuk strategi yang berkaitan dengan: 1) pemilihan pelanggan sebagai strategi untuk memenangkan persaingan; 2) heterogenitas produk dalam bentuk, ukuran dan harga sebagai strategi pengembangan produk; 3) strategi penentuan harga jual untuk meningkatkan permintaan pelanggan; dan 4) strategi menjamin mutu produk berdasarkan aspek kualitas bahan baku dan kerapian produk. Perkembangan nilai-nilai yang tertuang dalam strategi tersebut dipengaruhi oleh faktor: 1) kondisi lingkungan seperti ketersediaan bahan baku dan adanya nilai tradisi, budaya dan kekeluargaan yang dianut oleh masyarakat setempat; 2) karakteristik pendiri usaha; 3) penggunaan strategi bekawanan dalam struktur industri dan 4) pengalaman kerja yang relevan sebelum memulai usaha sebagai pengrajin tanggui.

Kata Kunci: Nilai, Kebertahanan, Kewirausahaan, Tanggui.

 

ENTREPRENEURSHIP SURVIVAL VALUES ON TANGGUI CRAFTSMEN WITHIN THE CREATIVE ECONOMY CONTEXT

Abstract

This research is intended to describe the values of entrepreneurship survival on the tanggui craftsmen in Alalak Selatan district located on Banjarmasin city. This research uses descriptive qualitative approach and primary data source obtained through observations and in-depth interviews using analysis technique of Miles and Huberman. The key informants in this research are tanggui craftsmen. The results show that the values of entrepreneurship survival are still developed and adopted among the tanggui craftsmen. Those values are manifested within strategy forms which are: 1) customer selection as the strategy for winning the market; 2) product heterogeneity in shape, size and price as the product expansion; 3) selling price strategy to increase customer demand; and 4) product quality strategy based on raw material quality and tidiness of the product. Those developing values are being affected by some factors such as: 1) environmental conditions such as accessible raw material, tradition, culture and kinship value embraced by the society; 2) the personal characteristic of the founder; 3) using ‘bekawanan’ strategy as the industry structure; and 4) having related work experience before starting the profession as a tanggui craftsmen.

 

Keywords: Values, Survival, Entrepreneurship, Tanggui

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI