DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN @UNESA-GAIn UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 21 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTRI AYU S.B
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


ABSTRAK

 

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN @UNESA-GAIn UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 21 BANJARMASIN

 

1Putri Ayu SB, 2Arif Sholahuddin, 3Yudha Irhasyuarna

Universitas Lambung Mangkurat

putriayusb0@gmail.com

 

Rendahnya penguasan konsep dan literasi sains peserta didik yang diketahui melalui nilai PISA, dan disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas yang masih bersifat teoritis dan berpusat pada pendidik, sehingga lebih banyak terjadi komunikasi satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran @UnESa-GAIn terhadap peningkatan kemampuan penguasan konsep dan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 21 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain prettest-posttest control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dari teknik tersebut didapat kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn dan VIICsebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan analisis data dapat dilihat dengan menggunakan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn terhadap kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen meningkat, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori terhadap  penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains pada kelas kontrol masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik, (2) terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn terhadap peningkatan literasi sains peserta didik, (3) terdapat perbedaan pengetahuan dan literasi sains peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn dengan Ekspositori pada materi pencemaran lingkungan .

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata kunci : Strategi Pembelajaran @UnESa-GAIn, Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI