DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGOPTIMALAN POLA TANAM DI DAERAH RAWA SEI SELUANG KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD KAFID MASKURI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


ABSTRAK

 

Pengoptimalan Pola Tanam di Daerah Irigasi Rawa Sei Seluang
Kabupaten Barito Kuala

 

Muhammad Kafid Maskuri

NIM H2A313011

 

Pembimbing Dr. Mahmud, S.T., M.T.

Co Pembimbing Dr. Ir.Achmad Rusdiansyah, M.T.

 

 

 

Daerah Irigasi Rawa (DIR) Sei Seluang Kabupaten Barito Kuala memiliki luas baku 4564 ha, dan luas fungsional 3300 ha. Pola tanam di Daerah Irigasi Rawa Sei Seluang saat ini adalah Padi-Palawija masih belum optimal, namun demikian potensi untuk dioptimalkan bisa dilaksanakan karena menurut peneliti ketersediaan air di lokasi studi cukup untuk kebutuhan tanaman.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan dan ketersediaan air serta neraca keseimbangan air, untuk menentukan alternative pola tanam yang tepat, sehingga mendapat hasil yang optimal dalam pengelolaan lahan di Daerah Rawa Sei Seluang kabupaten Barito Kuala.

Metode yang digunakan adalah analisa ketersediaan air berdasarkan curah hujan efektif, Analisa kebutuhan air adalah perhitungan evapotranspirasi (ETo) dengan metode Penman Modifikasi, sedangkan analisa neraca air berdasarkan pola tanam dan jadwal tanam.

Hasil optimasi linear programming dengan alat bantu QM for Win menunjukkan luasan optimal untuk lahan sawah (X1) = 1498 ha, sedangkan luasan palawija tetap 470 ha. Terjadi pengurangan luasan sawah yang bisa diairi dari kondisi eksisting lahan sawah 2010 ha. Sedangkan keuntungan maksimum hasil optimasi yaitu Rp  2,936,726,800,- masih lebih tinggi daripada kondisi eksisting Rp  2,814,000,000,-.

 

Kata Kunci: Neraca Air ;Pasang Surut; Pola Tanam; Optimalisasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI