DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Pertumbuhan Nyawai (Ficus variegata Blume) Dari 9 Famili Asal Kalimantan Umur 27 Bulan Di KHDTK Riam Kiwa, Kalimantan Selatan
PENGARANG:FARHAN ARYO WICAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


Peningkatan konsumsi kayu oleh industri tidak diimbangi dengan pasokan bahan baku yang justru semakin berkurang jumlahnya. Hal ini menyebabkan pemanfaatan jenis-jenis yang memiliki kualitas sama namun dengan jumlah yang dapat memenuhi jumlah kebutuhan industri. Salah satu jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah Nyawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui variasi pertumbuhan dan persen hidup dari masing-masing famili, guna memberikan rekomendasi famili-famili terbaik yang mampu beradaptasi di lingkungan KHDTK Riam Kiwa yang kemudian dapat dijadikan sebagai bahan untuk penghasil benih unggul yang dapat meningkatkan produktivitas hutan Nyawai.

Penelitian ini menggunakan tanaman Nyawaipada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Riam Kiwa berumur 27 bulan dengan 9 famili yang berasal dari 3 provenans yang berbeda yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dengan jarak tanam 3 m x 3 m. Berdasarkan pengukuran diperoleh hasil persentase hidup nyawai umur 27 bulantertinggi yaiturata-rata 96 %, rata-rata tinggi adalah 5, 539 m, rata-rata diameter9,9cm dan rata-rata kelurusan batang 4,45.

 

Kata kunci : Ficus; Nyawai; Persen Tumbuh, Pertumbuhan Diameter, Pertumbuhan Tinggi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI